Merak Ngibing, Batik Priangan

Batik yang berkembang sebagai bagian dari kebudayaan Jawa, ternyata tidak hanya menyebar di bagian tengah dan timur pulau Jawa, tapi juga menjadi bagian dari kebudayaan Sunda di bagian barat pulau Jawa.

Batik yang berkembang di wilayah Priangan – yaitu daerah kebudayaan Sunda di Jawa Barat yang meliputi wilayah Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor – memang sedikit berbeda dibandingkan dengan motif-motif batik di Jawa.

Meski beberapa pola seperti kawung, rereng (Jawa: lereng), parang juga ditemukan dalam batik Priangan, beberapa pola batik sangat khas hanya ditemukan di daerah Priangan ini. Kebanyakan motif-motif batik Priangan terinspirasi dari motif flora dan fauna, yang menggambarkan keindahan dan kemolekan alam wilayah Priangan. Seperti legenda kuno yang mengisahkan bahwa wilayah Priangan tercipta ketika para dewa tersenyum dan mencurahkan semua berkah dn restunya.

Salah satu motif khas Priangan adalah “merak ngibing” atau “the dancing peacock” – motif yang sering ditemukan di daerah seperti Garut dan Tasikmalaya. Motif ini digambarkan dengan sepasang burung merak yang saling berhadap-hadapan dengan ekor yang mengembang seperti sedang menari.

Kesan dinamis, indah, dan sedikit genit dengan warna-warna cerah yang biasa digunakan pada motif merak ngibing ini melambangkan keindahan alam Priangan. Sedangkan “ngibing” yang artinya “menari / joget / dansa” menggambarkan kegembiraan yang rukun dan damai dalam budaya masyarakat Priangan.

Merak sendiri mewakili gambaran dunia atas, dunia dewa-dewa, yang melambangkan kesucian dan kebahagiaan. Seperti asal kata Priangan, yaitu “Parahyangan”, bahwa Priangan adalah tempat bersemayamnya pada roh leluhur dan dewa (hyang). Seperti yang diyakini dalam kebudayaan Sunda kuno bahwa para dewa-dewa bersemayam di tempat yang tinggi, yaitu di jajaran pegunungan yang membentang di bagian tengah Jawa Barat.

Salam, Kepulauan Batik

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s