Doa Kesehatan dalam Sepotong Batik Tambal

Dalam hidup, banyak hal-hal yang terjadi pada diri kita yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Rencana tidak berjalan sesuai harapan. Karir tidak berjalan lancar. Keuangan tidak mencukup. Kisah cinta tidak berjalan mulus. Kesehatan tidak selalu hadir.

Dalam hidup, banyak hal-hal yang harus selalu diperbaiki. Instropeksi terus-menerus atas kegagalan yang dialami dengan harapan agar keadaan cepat membaik.

Seperti kain yang sobek, kadang kita harus menisik jika sobekannya kecil, bahkan harus menambal jika terdapat sobekan yang cukup besar.

Dalam khazanah batik Indonesia, dikenal motif yang disebut dengan motif “tambal”. Motif ini berupa gabungan dari berbagai motif-motif yang berbeda. Pola-pola geometris, biasanya bentuk segitiga, disusun teratur dan terlihat seperti tambalan dari berbagai potong kain.

Konon dahulu motif ini diilhami dari pakaian-pakaian yang dikenakan oleh pendeta agama yang penuh dengan kain tambalan, yang dipercaya dapat menolak pengaruh jahat (tolak bala)

Dahulu, batik tambal ini dipercaya dapat digunakan untuk membantu mempercepat kesembuhan orang yang sedang sakit. Orang yang sedang sakit dimisalkan berada dalam kondisi “tidak baik”, sehingga perlu diperbaiki dengan cara “menambalnya”.

Maka batik motif tambal ini dijadikan selimut bagi orang yang sedang sakit tersebut, sehinnga mempercepat proses kesembuhannya.

Salam, Kepulauan Batik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s